Jangan lupa untuk mengunjungi Blog Utama Kami di ahimzafatih.com

Senin, 04 April 2011

Teori Belajar dan Pembelajaran (Bagian I)


Teori adalah sekumpulan dalil yang berkaitan secara sistematis yang menetapkan kaitan sebab akibat diantara variable yang saling bergantung. Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap terjadi sebagai hasil latihan atau pengalaman. 

Perubahan yang dimaksud harus relatif permanen dan tetap ada untuk waktu yang cukup lama. Oleh karena itu sangat dibutuhkan teori-teori belajar. 


Kebutuhan akan teori adalah hal yang penting. Snelbecter dalam Ratna Wilis (1991:1), berpendapat bahwa perumusan teori itu bukan hanya penting, melainkan vital bagian psikologi dan pendidikan untuk dapat maju, berkembang dan memecahkan masalah-masalah yang ditemukan dalam setiap bidang.



Untuk itu pemahaman tentang konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang bersifat teoritis dan telah diuji kebenarannya melalui ekspreimen sangat dibutuhkan. Kebutuhan akan hal tersebut melahirkan teori belajar dan teori instruksional.

Kontribusi dan implikasi teori belajar dan instruksional dalam teknologi pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan, khususnya yang didasarkan atas pengembangan pendidikan dengan bertitik tolak untuk perbaikan pendidikan. Teori belajar instruksional sangat besar perannya dibantu dengan peningkatan pendidikan.



============================================
Lindgren (1976) mengatakan perlunya seorang guru memahami teori belajar dengan alasan :


1. Dapat membantu guru/ dosen untuk memahami proses belajar yang terjadi dalam diri siswa.
2. Guru/ Dosen dpt mengerti kondisi-kondisi dan faktor-faktor yg mempengaruhi, memperlancar atau menghambat proses belajar.
3. Memungkinkan Guru/dosen melakukan prediksi yang cukup akurat tentang hasil yg diharapkan dari aktivitas belajar.
4. Dapat meningkatkan pengertian seseorang tentang proses belajar mengajar.
5. Hipotesis, konsep-konsep dan prinsip-prinsip belajar dapat membantu guru/dosen meningkatkan penampilannya sebagai seorang pengajar yang efektif.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar